Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya Menyelenggarakan Workshop Kompetensi Sosial Siswa Cerdas Istimewa

 

 
Sumber Foto: Dok.Untag Hunas Surabaya

Pembahasan menarik tersebut diulas secara detail oleh Niken Titi Pratitis, M.Si., Psikolog dalam Workshop bertajuk “Tes Kreativitas dan Kompetensi Sosial Siswa Cerdas Istimewa”, pada Sabtu (22/9). Mengingat pada tingkat global, kreativitas Indonesia termasuk di jajaran paling rendah dibandingkan di negara lain. Prodi Magister Profesi Psikologi (Mapro) Fakultas Psikologi, UNTAG Surabaya meyelenggarakan Workshop tentang kreativitas dan kompetensi di ruang I107 Gedung Pascasarjana. Salah satu dari faktor penyebab dari lemahnya daya kreativitas adalah respon orang tua terhadap kreativitas yang dilakukan oleh anak. Perlunya pemberian batasan yang dilakukan dengan komunikasi yang baik mampu merubah mindset bahwa adanya batasan bukan menjadi tembok penghalang kreativitas, melainkan membran yang fleksibel. Hadir pula sebagai pemateri lain, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Semarang, Dr. Rini Sugiarti, M.Si., Psikolog.

Dekan Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya, Dr. Suroso, M.Si., Psikolog dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jatim atas dukungan yang diberikan. “Secara rutin kami menyelenggarakan acara serupa dan bekerjasama dengan HIMPSI. Terimakasih untuk HIMPSI, semoga tetap mendukung kegiatan Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya,” ujarnya.

Suroso juga menuturkan bahwa selain sebagai media pembelajaran di luar perkuliahan bagi mahasiswa Mapro, tujuan lain adanya workshop ini yakni menjadi media komunikasi Fakultas Psikologi dengan alumni. “Alumni walaupun sudah lulus, kita berharap tetap berhubungan dengan induk. Jadi kalau ada apa-apa bisa kembali, entah membutuhkan ilmu tambahan atau memberi masukan,” harapnya.

Dalam workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut memberikan banyak sekali materi menarik untuk peserta, diantaranya pengembangan tes kreativitas dari luar negeri dan dalam negeri, konsep dasar siswa cerdas istimewa, ciri-ciri siswa cerdas istimewa sebagai dasar diagnosis, treatment siswa cerdas istimewa (kelas akselerasi, enrichment, tutor sebaya), simulasi kasus dan kompetensi sosial siswa cerdas istimewa. (ua/zee)

www.untag-sby.ac.id 

Comments